Perubahan Sistem Komisi Menjadi 2 Level Dengan Skema 21 / 5

Salah satu kelebihan KDI daripada ‘toko kaos dakwah online’ lainnya adalah ada di silaturahim atau networking -nya.

Makanya ketika di awal berdiri dulu, KDI menggunakan sistem 5 level. Sampai akhirnya saya diingatkan kalau sistem seperti itu banyak yang kontroversi dan malah dikira MLM.

Di bulan Mei 2018, saya mengadakan polling untuk merubah sistem komisi KDI menjadi sistem 1 level seperti sekarang. Sistem satu level dengan komisi sebesar 26% ini sangat bagus untuk anda yang berjiwa pedagang dan mampu setiap hari promosi dan jualan tanpa henti.

Di perjalanan saya memperhatikan bahwa, entah karena kesibukan maupun hal lainnnya, banyak affiliate yang awalnya semangat berjualan akhirnya berhenti melakukan promosi.

Beberapa hal sudah saya dan tim lakukan untuk ‘merangsang’ para affiliate untuk semangat belajar dan praktek jualan, diantaranya…
– Membuat Program Kelas Siksa di WA Grup sampai 10 Angkatan.
– Membuat materi copywriting yang tinggal di tiru dan di copas.
– Mengadakan promo dan kontes berhadiah umroh.

Namun, program-program tersebut belum cukup untuk membuat para affiliate semangat.

Dugaan saya adalah karena banyak affiliate yang masih PEMULA di bisnis online ini dan butuh bimbingan dan bantuan untuk memulainya.

Dan sayangnya, tenaga edukator di KDI masih sedikit. Affiliate senior tidak termotivasi untuk mengajarkan juniornya secara kontinyu. Karena mungkin karena sistem komisi yang cuma 1 level. Tidak ada untungnya.

Tentu saja ini adalah analisa awal dan bersifat teknis. Karena saya yakin ghirah temen-temen untuk berdakwah sangatlah besar. Namun hal teknis seperti ini kalau tidak diatasi maka akan selalu jadi hambatan.

Dengan asumsi dan analisa diatas, maka saya mengadakan polling sekali lagi untuk menentukan apakah perlu merubah sistem komisi dari 1 level ke sistem komisi 2 level atau tidak.

Apa perbedaannya?

Sistem 1 Level

Adalah sistem yang dipakai KDI saat ini, yaitu sistem komisi langsung. Apabila Anda atau A melakukan penjualan, maka dapat komisi sebesar 26% dari harga jual. Apabila Anda atau A merekrut dropshipper lain atau B, maka anda akan mendapatkan komisi sebesar 26% ketika B melakukan upgrade. Dan tidak mendapatkan apa-apa ketika B melakukan penjualan kaos berikutnya.

Sistem 2 Level

Adalah sistem yang memungkinkan Anda (A) untuk merekrut Dropshipper lain (B) sebanyak-banyaknya dan mendapatkan komisi ketika B melakukan upgrade dan menjual kaos.

Sistem ini bagus untuk anda yang baru memulai belajar bisnis online dan berniat mempraktekkannya. Karena dengan begitu anda bisa mendapatkan hasil dari dua arah. Pertama, dari penjualan anda sendiri. Kedua, dari penjualan dropshipper yang anda rekrut.

Untuk sistem 2 level ini, rencananya ada 2 skema:

Skema Komisi 21 / 5

Skema ini lebih tepat untuk anda yang fokus pada jualan kaos daripada membina dropshipper. Karena Anda (A) akan mendapatkan komisi sebesar 21% ketika melakukan transaksi. Dan ketika dropshipper yang anda rekrut (B) melakukan transaksi anda mendapatkan 5%. Jadi diagramnya sebagai berikut:
A = 21%
B = 5%

Skema Komisi 16 / 10

Skema ini lebih cocok untuk anda yang lebih menyukai kegiatan merekrut dan membina dropshipper daripada jualan langsung. Apabila anda adalah tipe pengajar maka skema ini lebih tepat untuk anda karena anda mendapatkan komisi lebih besar ketika terjadi penjualan oleh dropshipper yang anda bina.
A = 16%
B = 10%

Bagaimana caranya ikut berpartisipasi?

Polling ini akan ditutup pada tanggal 15 Maret dan hasil keputusannya akan berlaku segera setelah Anda mendapatkan pembayaran komisi bulan Maret.

Anda bisa mengikuti pollingnya di grup Telegram KDI: http://t.me/lasykarkaosdakwahislami

Skema apapun yang nantinya kita pakai, tidaklah bisa maksimal apabila kita tidak membangunnya dengan serius. Karena tujuan KDI adalah mengedukasi tentang Digital Marketing dengan menjual kaos.

KDI hanyalah bisnis awal yang akan membersamai bisnis anda selanjutnya….

Semoga usaha kita semua diridhoi oleh Allah…

Hasil Voting

Update 13 Maret 2019

Bismillah…

Berhubung beberapa hari lagi akan ada perubahan sistem level untuk Premium Member. Dan kemarin ada usulan juga untuk merubah sistem FREE MEMBER. Maka saya sedang mempertimbangkan beberapa hal.

Saat ini, FREE MEMBER mendapat komisi 10% dari penjualan kaos dan 10% dari member yang direkrut apabila melakukan upgrade.

Dengan perubahan komisi Premium Member menjadi sistem dua level dengan skema 21 / 5 nanti. Maka ada beberapa pilihan skema komisi untuk Free Member.

A. Sistem Komisi 2 Level Dengan Skema 7 / 3

Mengikuti sistem komisi Premium Member yang juga berubah menjadi 2 level, dengan skema ini Anda sebagai Free Member (A) akan mendapatkan komisi 7% dari penjualan kaos secara personal. Dan apabila Anda (A) merekrut dropshipper (B) maka anda mendapatkan komisi 3% dari penjualan dropshipper (B) tersebut.

Sistem ini baik untuk anda yang ingin merekrut dan membina dropshipper anda sendiri. Dengan sistem ini anda berkewajiban moral untuk membina dropshipper anda secara total.

B. Sistem Komisi 1 Level (Tidak Berubah)

Ini adalah sistem komisi yang berjalan sekarang, yaitu Sistem komisi 1 level dengan komisi 10% untuk Free Member.

Sistem ini lebih tepat untuk anda yang mau menjual kaos TANPA MODAL sama sekali dan tidak terlalu tertarik untuk merekrut dropshipper lain.

Untuk itu, kita akan melakukan voting kembali di grup ini.

Kami tunggu pertisipasi anda.

Hasil Polling

Keputusan.

Mulai tanggal 15 Maret 2019. Sistem komisi yang berlaku adalah Sistem Komisi 2 Level Dengan Skema 21 / 5

Sistem ini dirasa lebih fair untuk anggota Lasykar KDI baik yang Free maupun Premium.

Kedepanya, istilah Free Member akan diganti dengan PRAJURIT KDI. Dan istilah Premium Member akan diganti menjadi KOMANDAN KDI.

Jadi ibaratnya, tugas PRAJURIT adalah belajar dan mempraktekkan ilmunya agar segera upgrade status menjadi KOMANDAN.

Setelah jadi KOMANDAN, selain berjualan dan merekrut PRAJURIT, tugas anda bertambah menjadi membina dan mengarahkan PRAJURIT dengan intens.

Tanya Jawab di grup WA dan Telegram.